Capital Market Essay Competition & Bootcamp

TENTANG KOMPETISI ESSAY

Dalam rangka memperingati 42 Tahun diaktifkannya kembali pasar modal, Panitia HUT PM ke-42 yang terdiri dari perwakilan OJK dan SRO menyelenggarakan lomba karya tulis pasar modal. Lomba karya tulis ini terbagi dalam 2 (dua) kategori yaitu Research Report dan Capital Market Essay. Pada kegiatan ini Panitia HUT PM ke-42 bekerjasama dengan Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dan CSA Institute yang juga berperan sebagai Dewan Juri dan memberikan kontribusi untuk penyelenggaraan Capital Market Boot Camp bagi para finalis.

Banyak hal yang perlu mendapat perhatian dari para pemangku kepentingan di Industri Jasa Keuangan khususnya pasar modal. Setelah 42 tahun pasar modal di aktifkan tentu kita telah melihat perdagangan saham telah mencapai lebih dari 650 perusahaan tercatat, IHSG telah menembus 6500 point, reksadana juga mengalami pertumbuhan lebih dari Rp350 triliun dana kelolaan yang diinvestaskan oleh para investor di pasar modal. Beragamnya Produk Reksadana tentu menjadi banyak pilihan menarik bagi investor. Di sisi lain obligasi juga menjadi produk dalam mencari pendanaan di pasar modal oleh Pemerintah, BUMN maupun Korporasi. Tentu Obligasi menjadi salah satu instrumen pilihan oleh investor ketika tingkat suku bunga BI dianggap kurang menarik.

Selain instrumen investasi tentu kita juga melihat banyak produk investasi lain yang seolah produk pasar modal, alias investasi bodong. Akibatnya terkadang hal ini memberikan stigma yang dibangun masyarakat bahwa pasar modal punya andil kerugian masyarakat atas investasi bodong, padahal instrumen tersebut bukanlah produk dari pasar modal.

Namun demikian tidak dapat dipungkiri pula, masih ditemukan adanya penyimpangan aktifitas transaksi di pasar modal. Mungkin beberapa case juga kita bisa membaca dari media massa terkait hal tersebut. Hal inilah yang harus dihindari atau dikurangi dengan peran serta para pemangku kepentingan.

Menyikapi ini, tentu kita ingin mengedepankan perlindungan konsumen serta peningkatan pelayanan di industri pasar modal, agar pasar modal menjadi bukan saja alternatif investasi namun menjadi tujuan investasi bagi masyarakat di Indonesia.

Tema yang dapat diambil dalam Kompetisi ESSAY ini adalah dari berbagai sudut pandang peserta. Tentu Peserta harus memberi gambaran tentang hal-hal yang perlu disorot dalam industri pasar modal, menganalisanya, melakukan pendekatan akademis maupun best practice, serta memberikan solusi untuk menjadi lebih baik.

Karya ESSAY ini haruslah memberikan nilai edukasi yang baik bagi publik atau memberikan solusi yang sifatnya konstruktif bagi industri. Diharapkan hasil ESSAY dari para peserta, dapat dijadikan bahan/rujukan bagi pemangku kepentingan dalam membuat kebijakan untuk berinvestasi di masa yang akan datang.

TUJUAN KOMPETISI ESSAY

Memberikan kesempatan kepada publik, mahasiswa, akademisi untuk memberikan masukan yang berharga memanfaatkan momentum HUT ke 42 pasar modal, dan menyoroti berbagai hal yang ada di industri pasar modal, yang sifatnya akademisi maupun Best Practice untuk kepentingan industri pasar modal.

Karya ESSAY ini berkaitan dengan hal–hal di atas, dan para peserta dapat mengambil tema dari berbagai hal yang terkait dengan industri pasar modal, yang antara lain:

  1. Go Publik
  2. Kemudahan Investasi
  3. Menghindari Investasi Bodong
  4. Penegakan Hukum di Industri Pasar Modal
  5. Peningkatan Pelayanan di Industri Pasar Modal
  6. Kebutuhan Informasi di Industri Pasar Modal Indonesia
  7. Membangun Pasar Modal Indonesia dalam Persaingan Global
  8. Tantangan Pasar Modal Indonesia kedepan

JADWAL PELAKSANAN KEGIATAN

Registrasi & Penyampaian Karya 5 Juli s.d 5 Agustus 2019
Pengumuman 10 Finalis Terbaik 10 Agustus 2019
Bootcamp & Penjurian Tahap 1 19 s.d 21 Agustus 2019
Grand Final 22 Agustus 2019
Pengumuman Pemenang & Penyerahan Hadiah 23 Agustus 2019

CARA PENILAIAN

AAEI dan CSA Institute, bekerja sama dengan akademisi, SRO dan OJK membentuk tim juri yang akan menyaring setiap laporan Essay yang masuk.

  1. Kriteria Penilaian Karya
    • Tema dan sub tema yang dipilih (20%)
    • Gagasan yang ditawarkan (35%)
    • Kedalaman analisa (30%)
    • Tata Bahasa (10%)
    • Kesesuaian penulisan dengan format yang telah ditentukan (5%)
  2. Kriteria Penilaian Presentasi Finalis
    • Aspek penyampaian isi karya tulis (35%)
    • Kemampuan mempertahankan argumen (50%)
    • Ketepatan waktu (10%)
    • Design power point (5%)

SYARAT & KETENTUAN PESERTA

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berlaku untuk Publik/ Umum.
  3. Melampirkan CV dan KTP.
  4. Kepesertaan adalah individu.
  5. Tidak ada batasan usia.
  6. Berdomisili di wilayah Indonesia.
  7. Memiliki pengetahuan dan wawasan di bidang pasar modal.
  8. Panitia akan memilih 10 Essay terbaik untuk mengikuti bootcamp dan Grand Final di Jakarta pada tanggal 19-22 Agustus 2019.
  9. Keputusan Panitia dan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  10. Jika di kemudian hari ditemukan kecurangan atau pelanggaran terhadap salah satu peraturan atau syarat & ketentuan lomba ini, panitia berhak membatalkan kemenangan pemenang yang sudah diumumkan dan pemenang yang dibatalkan kemenangannya tersebut wajib mengembalikan seluruh hadiah lomba dalam keadaan utuh seperti kondisi saat diterima.
  11. OJK, SRO dan AAEI berhak menggunakan Essay terbaik yang telah dikirimkan oleh seluruh peserta untuk kegiatan edukasi, publikasi dan keperluan lainnya tanpa memberikan kompensasi apapun kepada peserta dengan hak cipta dan Essay tersebut tetap dipegang oleh peserta. Dalam hal ini, karya haruslah orisinil dan belum pernah dipublikasikan pada kompetisi lain, media cetak dan media online. Jika karya tersebut terkait suatu hak cipta atau hak lainnya, maka pemenang menjamin dan memastikan OJK, SRO dan AAEI bebas dari segala tuntutan apapun dari pihak manapun dan segala bentuk kewajiban yang timbul akan menjadi tanggung jawab peserta atau penulis.

PENDAFTARAN

  1. Peserta melakukan pendaftaran melalui Google Form http://bit.ly/registrasi-capitalmarket-essay
  2. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,- orang ke rekening Bank Mandiri No. 102.000.64388.13 an. PT. Citra Sukses Analis. Bukti transfer diupload di formulir pendaftaran pada proses registrasi.
  3. Panitia melakukan verifikasi atas pembayaran peserta.
  4. Panitia mengirimkan ke peserta Role & Regulation melalui email ke peserta.

PENGIRIMAN ESSAY

  1. Pengiriman karya Essay ke alamat email event@aaei.or.id dalam bentuk word dan power point maksimal 10 lembar halaman.
  2. Subject email dan nama File pengiriman diberi judul yang sama yaitu: Contoh file : Essaycompetition_Nadya.
  3. Email berisi informasi sebagai beriku:
    • Nama
    • HP
    • Email
    • Lampiran ID KTP dan CV
    • Link google drive/drop box.

FORMAT PENULISAN ESSAY

 
A. Ketentuan Umum
B. Sistematika Penulisan
  1. Halaman judul berisi judul karya Essay dengan huruf kapital, nama penulis, asal perguruan tinggi, provinsi perguruan tinggi, tahun penulisan, dan alamat
  2. Abstrak dan kata kunci abstrak merupakan uraian singkat atau rangkuman dari seluruh naskah yang mencakup latar belakang, tujuan penulisan, metodologi, tawaran ide, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kata kunci terdiri dari 3 s.d. 6 kata/istilah dan ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak dengan huruf miring-tebal.
  3. Pendahuluan terdiri dari latar belakang penulisan, tujuan penulisan, serta manfaat yang ingin dicapai dalam penulisan (dibuat dalam bentuk paragraf). Landasan teori berupa teori/konsep/pendapat yang dapat mendukung penulisan karya tulis dan memperkuat argumen penulis. Metodologi penulisan memuat metode serta prosedur penulisan (mulai dari cara pengambilan data, hingga penarikan kesimpulan).
  4. Pembahasan dapat dilakukan dengan menganalisa dan membandingkan antara data-data yang diperoleh untuk menghasilkan suatu ide baik dalam bentuk model maupun gagasan kreatif terkait tema. Pembahasan hendaknya selalu relevan dengan tujuan penulisan secara sistematis.
  5. Penutup terdiri atas kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan jawaban ringkas dari tujuan penulisan, sedangkan saran merupakan hal-hal yang ingin disampaikan penulis kepada pihak-pihak tertetu. Saran tentu berkaitan gagasan yang ditawarkan.
  6. Daftar Pustaka
    • Jurnal: nama pengarang, tahun, judul artikel (di antara dua tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman.
    • Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit.
    • Buku yang terdiri dari beberapa artikel: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul artikel, dalam nama editor (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), judul buku (cetak miring), halaman kota penerbit, dan penerbit.
    • Internet: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh.
  7. Lampiran (jika ada)
    • Lampiran dapat berisi data, foto, atau pun jenis informasi lainnya yang mendukung isi karya tulis.

HADIAH PEMENANG LOMBA

JUARA UANG TUNAI TABUNGAN SAHAM KOMPETENSI
Juara I Kunjungan ke Stock Exchange di Asia, termasuk city tour dan uang saku

Untuk setiap pemenang:

Pelatihan RSA senilai
@Rp 6.000.000,-

Uji Kompetensi senilai
@Rp 1.500.000,-

Juara II Rp4.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara III Rp2.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara Harapan I Rp1.000.000,- Rp1.000.000,-
Juara Harapan II Rp1.000.000,- Rp500.000,-

CONTACT PERSON

Email : event@aaei.or.id
Alamat : PT Bursa Efek Indonesia, Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Lantai 4, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan 12190